Keunggulan dan Harga Oli MPX 2 untuk Motor Matic Lebih Prima

Pergantian oli motor pada motor matic memang perlu dilakukan secara berkala. Tujuan mengganti oli motor tidak lain agar mesin motor dapat bekerja dengan baik.
Keunggulan dan Harga Oli MPX 2 untuk Motor Matic Lebih Prima

Oli memiliki peranan yang sangat penting bagi kerja mesin. Selain sebagai pelumas utama dalam mesin, oli juga dapat menambah daya tahan mesin akibat dari timbulnya panas dan kerak mesin akibat pembakaran.

Ciri-ciri Oli Mesin Harus Segera Diganti

Dengan oli mesin, kinerja mesin lebih optimal saat oli bekerja menyebarkan panas pada seluruh bagian mesin. Rentang waktu pergantian biasanya disesuaikan dengan masa pakai atau berdasarkan kilometer perjalanan yang telah ditempuh.

Biasanya oli motor yang sudah harus segera diganti memiliki beberapa ciri yang mudah dipahami oleh pemilik motor. Berikut ini ciri-ciri yang menonjol pada oli mesin yang harus segera diganti.

1. Warna Oli Hitam Pekat dan Encer

Berbeda dengan oli mesin yang baru, pada oli mesin yang telah lama digunakan akan berwarna hitam pekat dan encer akibat dari dari pembakaran, sedangkan oli baru akan terlihat biru kecoklatan dan masih kental.

Jika oli telah terlihat hitam pekat dan encer, maka sebaiknya segeralah menggantinya dengan yang baru karena jika dibiarkan maka daya pelumasan oli akan menurun dan mesin akan cepat aus.

2. Berkurangnya Volume Oli Mesin

Umumnya volume oli sepeda motor dibawah 1 liter pada motor dengan kapasitas 150cc. Dengan berjalannya waktu dan pemakaian, volume oli akan berkurang tergantung seberapa sering pemakaian mesin. Jika volume oli terlihat kurang dari batas, maka segera periksa mesin jika terjadi pada kebocoran oli dan segera mengganti oli mesin yang baru.

3. Suhu Mesin Naik

Daya hantar panas pada mesin yang kurang biasanya diakibatkan oleh kondisi fisik oli yang buruk. Jika terjadi hal demikian, maka penyebaran panas pada mesin tidak merata. Jika kita mendekat pada mesin, kita akan merasakan adanya hawa panas yang berlebih pada area mesin. Jika mengalami seperti itu, maka segeralah mengganti oli mesin.

4. Suara Mesin Kasar

Kualitas oli yang mulai menurun akan mengakibatkan menurunnya daya lumas terhadap gear transmisi. Cirinya yaitu suara mesin kasar. Untuk mengamatinya, kita akan mendengar bunyi kasar pada saat mengoper gigi atau saat mesin digas.

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor

Sesuai dengan ketentuan pabrik, penggantian oli motor pada kilometer 3.000 sampai 5000 km. Jika pada speedometer telah mencapai angka tersebut maka wajib segera diganti. Jika tidak segera diganti maka mesin akan bermasalah meskipun performa motor masih terasa normal.
Baca juga:
Waktu yang tepat untuk menentukan kapan oli motor harus diganti juga dapat dilihat dari kilometer harian. Pada pemakaian motor antara 20 hingga 50 kilometer per hari, sebaiknya penggantian oli dilakukan tiap satu setengah bulan sekali. Namun jika jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam sehari, maka sebaiknya ganti oli motor matic sebulan sekali.

Harga Oli MPX 2 di Dealer Resmi Honda

Sesuai dengan ketentuan, penggantian oli motor harus disesuaikan dengan tipe motornya. Saya sendiri sebagai pengguna sepeda motor matic, maka oli yang biasa saya gunakan yaitu oli MPX 2. Dengan kualitas oli yang bagus dan memiliki keunggulan, harga oli MPX 2 di pasaran sangat murah.

Saya sendiri tiap kali mengganti oli motor, saya percayakan pada dealer resmi Honda seperti di Planet Ban terdekat. Dengan harga Rp52.000 per 0,8 liter, oli MPX 2 mampu memberikan daya lubrikasi yang sempurna agar performa mesin motor matic yang saya gunakan lebih prima.

bm

Media Informasi Guru Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

10 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Terima kasih jadi nambah pengetahuan soal oli dan motorku.

    BalasHapus
  2. Ternyata kita sama pilihannya. Saya pun mempercayakan pada oli MPX 2 untuk motor matic kesayangan

    BalasHapus
  3. Hihihi.. Saya termasuk yang jarang ganti oli mesin. Jadi gak ngerti juga tentang oli. Tp setelah baca artikel ini saya lebih sadar pentingnya ganti oli mesin secara rutin untuk motor kesayangan. TQ ya...

    BalasHapus
  4. Yessss...
    Saya juga pakai OLI MPK 2 sejak lama. Motor lebih awet dan ngirit lagi. Pokoknya top deh

    BalasHapus
  5. Nah ini baru artikel yang informatif untuk pengetahuan tentang pentingnya oli motor bagi performa motor matic kesayangan saya. memang Oli MPX 2 sudah terjamin kualitasnya

    BalasHapus
avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Selamat datang di Guru Dikdasmen
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!